The Naked Traveler: 1 Year Round The World Trip Part 2






Sebelumnya, saya pernah review buku mbak Trinity yang pertama di sini dan memang cerita perjalananannya keliling dunia dalam 1 tahun belum selesai di buku pertama itu. So, buku ini adalah kelanjutannya.

Di buku ke dua ini, mbak Trinity mengunjungi beberapa  negara di bagian perbatasan Amerika Utara dan Selatan dan ke Amerika Selatan yaitu ke Kolombia, Kuba, Jamaika, Meksiko, Guatemala, dan lain-lain.

Buku ini membuat saya seperti diajak jalan-jalan mbak Trinity karena bahasa penulisannya yang santai namun detil. Beberapa tempat yang dikunjungi tidak selalu tempat yang indah dan ada di google tetapi juga tempat-tempat yang tidak terduga dengan hal-hal yang tidak terduga pula di dalamnya.


Di buku ini, mbak Trinity juga mengungkapkan suka duka (tapi banyak sukanya) jalan-jalan keliling dunia selama satu tahun dengan seorang teman perempuan yang sama-sama moodnya dipengaruhi oleh siklus bulanan.



Salah satu yang menarik adalah bahwa Yasmin (teman travellingnya) adalah bukan nama asli melainkan nama samaran saja, alasannya? Baca sendiri. Hal lainnya seperti bertahan hidup dengan barang-barang dan uang minim, berkencan, maupun bertengkar juga ada dalam buku ini. Semuanya dirangkum di buku kedua ini.

Beberapa bagian buku yang saya suka;

Yasmin tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu. ... Sering kali teman-teman sekamar (bule-red.) melihat dengan terheran-heran dan kadang saya harus menjelaskan ketika ditanya.

#TNTrw is a humble experience. Selama ini saya pikir Indonesia paling oke alamnya,...