The Witch of Portobello. No spoiler.


“You are what you believe yourself to be.” 
― Paulo CoelhoThe Witch of Portobello

Saat pertama kali membaca buku ini, di awal-awal paragraf, saya langsung kecewa karena pemeran utamanya dikatakan sudah meninggal. Sampai di beberapa lembar berikutnya aku pikir aku sia-sia saja membaca cerita orang yang sudah meninggal, hanya seperti membaca koran kriminal.

Tapi kekecewaan saya semakin hilang saat sampai pada kesaksian ibunda sang pemeran utamanya. Selain Samira itu nama favoritku (nenek), di bagian ini diceritakan Athena dari masa kecilnya. And that was really touching.

Sampai di halaman 80-an, ternyata nama-nama saksinya berulang muncul, tidak hanya satu kali. Jadi kusimpulkan ada cara yang lebih menarik untuk membaca novel ini. Yaitu dengan membaca satu cerita kesaksian dari satu tokoh sampai selesai, kemudian kembali ke halaman awal untuk membaca kesaksian tokoh yang lainnya. Begitu seterusnya. Bahkan paragraf yang sebelumnya sudah terbaca, aku baca lagi dan semuanya jadi semakin jelas. Seru sekali bukunya, seperti serial Goosebumps yang juga pernah membuat hal serupa, tapi tidak semenarik ini menurutku.

Ada dua persimpangan jalan di dalam hutan, dan Aku - Aku memilih yang jarang dilewati, dan hal ini membuat semua perbedaan itu terjadi.


Jika kalian sedang membaca novel The Witch of Portobello karya Paulo Coelho dan mau membaca dengan cara saya, ini dia halaman-halaman tiap tokoh dengan kesaksiannya. Halaman ini sesuai untuk novel yang berbahasa Indonesia.

HERON RYAN, JURNALIS
hal. 12, 108, 127, 157, 178, 191, 212, 233, 259, 276, 286.

ANDREA McCAIN, AKTRIS
hal. 18, 164, 185, 205, 224

DEIDRE O'NEIL (EDDA), DOKTER
hal. 21, 113, 150, 173, 200, 220, 242, 264

LELLA ZAINAB, NUMEROLOGIS
hal. 24

SAMIRA R. KHALIL, IBUNDA ATHENA
hal. 26, 103, 146, 271

LUKAS JESSEN-PETTERSEN, MANTAN SUAMI
hal. 35, 48

PASTOR GIANCARLO FONTANA
hal. 42, 55

PAVEL PODBIELSKI, PEMILIK APARTMEN
hal. 62

PETER SHERNEY, MANAGER BANK CABANG
hal. 74

NABIL ALAIHI, GURU KALIGRAFI, SUKU BADUI
hal. 90

VOSHO "BUSHALO", PEMILIK RESTORAN
hal. 121

LILIANA, PENJAHIT
hal. 130

ANTONE LOCADOUR, SEJARAHWAN
hal. 161, 194, 282


Bisa saja kalian membaca kisah Athena hanya dari satu sumber saksi, tapi pasti akan banyak pertanyaan tidak terjawab, atau beberapa hal pasti tidak akan nyambung. Jadi untuk tahu jawaban pastinya, kalian harus membaca semuanya.



Dan yang membuat saya tersenyum sangat amat lebar dan seperti menemukan harta karun, akhirnya saya sadar siapa yang menulis keseluruhan kisah ini, maksudku, di cerita itu, yang menggunakan kata "aku" dan narasinya dicetak dengan tulisan cetak miring. Tapi ini rahasia, temukan sendiri ya.